30 Day Fitness Challenge

by - 1/07/2018 09:57:00 am

assalamualaikum!

Dulu, dulu banget, waktu kancil dan buaya belom berantem, gue pernah bikin jadwal workout di rumah untuk 30 hari. Isinya kayak sit-up, crunches, leg raises dan lain-lain dan kawan-kawan. Dengan panduan akun tutorial fit yang menjamur di Instagram, gue sok-sok-an tuh ngejadwal, demi Behati body tahun 2017. 

EH NYATANYA,
semua itu hanyalah kerutinan semu. Jadwal workout yang gue pajang di balik pintu kamar pada akhirnya gue anggurin setelah 14 hari pertama, padahal goals gue adalah melakukan workout selama 30 hari biar workout-nya jadi habbit. 
Ada sebabnya sih...waktu itu gue udah digeber buat skripsian. Kayaknya disuruh skripsian membuat gue shock sehingga gue meninggalkan rencana gue (alasan) (bilang aja malas)

Setahun berlalu...
ih gila kan lama banget setahun gue ga olahraga HAHAHA
Di kehidupan gue sekarang, gue merasa gue jadi gendut, karena beberapa bagian tubuh gue yang dulu gak bisa dicubit, udah bisa dicubit AND THAT LITERALLY STRESSED ME OUT. LOL. Ditambah lagi si ayang suka ngeledekin gue gendut padahal dia lebih gendut #eh.

Sebenernya gue nggak gendut, beratnya juga masih beda 1 kg sama tahun lalu, body mass index gue juga masih dalam kategori healthy weight (tapi dulu gue underweight wkwk), cuma...ya...itu tadi, badan gue nggak kenceng, gitulah istilahnya, jadi gue ter-sugesti kalo gue gendut.

Menjalani kehidupan sebagai pengangguran, otomatis gue nggak se-aktif dulu pas masih bolak balik rumah-kampus atau bolak balik rumah-McD Pondok Bambu buat bimbingan. Olahraga yang gue lakukan paling cuma aktivitas per-inem-an di rumah, alias nyapu, ngepel, jemur, cuci piring, and that's it. Ah gila kan. Gue udah berusaha membuat jadwal workout lagi kayak tahun lalu, tapi emang dasarnya gue males dan nggak ada supervisi, yaudah guling-guling aja di kamar tiap pagi.

Tapi,
semua berubah ketika negara api menyerang.
Suatu hari yang cerah, gue yang lagi gabut, menemukan pencerahan di salah satu instagram story temen gue. Temen gue ini lagi getol-getol*nya workout di rumah dan dia menyebutkan kalo dia workout dengan panduan aplikasi yang bisa di-install Google Play Store, namanya 30 Day Fitness Challenge.

WAH YA LANGSUNG DONG.
Gue langsung bersemangat menuju Behati body tahun 2018 HAHAHAHAHA. Ngarepnya ketinggian. Ya nggak apa-apa lah ya, paling kalo belom kesampean ya...sedih juga sih. Wkwk.

Ta-Da! Cari yang kayak gini ya di Play Store


Trus pas buka aplikasinya, kita langsung dikasih kata-kata mutiara motivasi


it never gets easier
you just get better
njay.

Dalam aplikasi ini ada 5 jenis workout:
1) Full Body Workout
2) Leg Workout
3) Butt Workout
4) Abs Workout
5) Arm Workout

Ada yang buat kaki, bokong, lengan, perut, sama gabungan semuanya (full body).


Sama si aplikasi ini, kita dijadwalin workout setiap hari selama 30 hari plus dikasih jenis workout apa aja yang harus dilakukan setiap harinya beserta jumlah hitungan. Di aplikasi ini juga ada panduan posisi workout yang bener gimana.

Ta-Da!
Sekilas curhat, gue baru melakukan arm workout sampe hari ke-2 tapi astagfirullah, tobaaaat tobat lengan gue lemah banget :") 
Daripada kenapa-napa yekan, gue akhirnya memutuskan untuk nggak melanjutkan arm workout LOL.


Masing-masing workout punya pilihan tingkat kesulitan (?) olahraga. Karena gue pemula banget yang bahkan olahraganya seminggu sekali aja nggak, gue pake easy plan 1. Mungkin ntar kalo gue udah lebih tough dalam menjalani hidup, gue pake hard plan LOL.


Ta-Da (lagi) !
Ini salah satu contoh daftar workout hari ke-7 di Full Body Workout. Dikit-dikit kan ya? Gue berasa sombong gitu kan waktu hari pertama, mikirnya "piece of cake lah ini mah cuma dikit dikit". Ya kalo ngerjainnya cuma satu set workout sih iya, tapi kan gue nge-babat 4 jenis ya...eh capek juga coy. Keringat super deras. Seriuzan.
Basyah basyah basyah deh pokoknya.


Aplikasi ini juga punya kalender yang nantinya kalo udah selesai workout dalam 1 hari, dia akan nge-rekap totalan belanjaan workout yang udah dilakukan pada hari itu.


Tiap workout punya daftar gerakan sendiri, ini contoh buat yang Full Body Workout. Ya ajegile banyak banget. Aku mah masih apa atuh.

Trus tiba-tiba aku jiper liat segala jenis push-up.....

Entah kenapa ya, gue lemah banget kalo push-up. LOL. Apakah lengan gue yang mungil dan indah ini tidak tahan menahan berat tubuhkuh? Huhuhuhuhu syedi.

But, anyway!
Gue amat sangat merasa terbantu dengan adanya aplikasi 30 Day Fitness Challenge ini. Diriku yang tiap pagi mager-mageran di kasur trus langsung sarapan trus mager-mageran lagi akhirnya bergerak dan mengeluarkan keringat juga.

Setelah mendapatkan secercah motivasi berkat aplikasi ini, gue jadi rajin nyari-nyari video zumba di Youtube, kalo lagi rest day mayan yekan goyang sana goyang sini selama 4 menit. Gratis cyin gausah bayar tarif bulanan.
HAHAHA.

Apakah ada efek yang gue rasakan setelah 7 hari berjalan? Ada banget! Gue jadi nggak laperan LOL. Entah ini emang efek olahraganya atau nafsu makan gue lagi turun, tapi gue jadi males ngemil, porsi makan juga jadi agak berkurang. Gue jadi lebih banyak kepengen minum air mineral aja. Apakah berat badanku berkurang? Eh terakhir numpang nimbang di apotek, berat gue malah naik HAHA salah emang nimbang abis makan tuh salah. 
Tapi tujuan gue buat install aplikasi ini emang bukan buat nurunin berat badan sih, biar lebih sehat sama gabisa dicubit aja:") WKWKWK.

By the way,
doakan aku selalu istiqomah ya!

Ayo install!

*getol = rajin dalam bahasa Sunda

You May Also Like

2 comments

  1. Uuuuu sayang ❤❤❤❤❤

    ReplyDelete
  2. Aku juga dulu gitu, sok2 bikin 30days abs challenge (ealah). Taunya 15 hari konsisten, lanjutannya bolong sehari, eh besoknya bolong juga. Walhasil ni lemak perut masih bertengger. Hihi.. Semoga challengenya berhasil ya!

    ezubouchan.blogspot.com

    ReplyDelete