Ghani

by - 12/25/2020 09:36:00 pm

 

 We named him Hilman Ghani Narendra

Sebagai pecinta game The Sims, gue suka banget cari-cari nama buat namain sims sampe arti namanya juga gue pertimbangkan. Jadilah waktu hamil, gue getol cari nama yang kece tapi ga ribet buat anak bayi. Si ayang bebeb termasuk yang ga terlalu sering nyari, jadi kalo gue ada referensi nama, gue ajuin ke doi biar di-acc macem skripsi.

Salah satu tempat gue cari referensi nama yang kece adalah generator nama di aplikasi The Asian Parent. Di generator nama TAP, bisa pilih referensi nama Islami, ala ala Western, Sansekerta, dan lain-lain. Selain di generator nama TAP, TAP juga punya banyak referensi nama anak laki-laki maupun perempuan di artikelnya. Nah karena anak bayi akan lahir di bulan Oktober, gue mencoba cari referensi nama di artikel 32 Nama Bayi bulan Oktober dan Maknanya yang Menarik untuk Disematkan pada Anak. Tapi ternyata belum ada yang cocok sodara-sodaraaaa. Gue pengen kasih nama yang meaningful tapi juga fancy sekaligus sederhana. Banyak mau banget yekan.

Gue sempet menuliskan beberapa nama Sansekerta, tapi rasanya kok kaya yang berat banget gitu ya, ga sreg di hati. Ada kaliya seminggu gue kepikiran tentang nama dan matanya lengket banget ke handphone karena sibuk nyari nama wkwk lebhay bener. Kadang gue minta persetujuan si anak bayi dulu apakah dia suka sama nama yang gue catet dengan cara; gue akan bertanya, kalo dia setuju, dia akan nendang, tapi kalo ga setuju, dia diem aja ohohoho. Keseringan sih anak bayinya diem aja wakakaka yaelah masa kaga setuju semua ni anak😤

Setelah puyeng nyari-nyari nama anak, gue memutuskan buat udahan dulu sembari nungguin ide dari si ayang bebeb aja. Seenggaknya udah ada kesepakatan bahwa nama belakangnya adalah Narendra, dari bahasa Sansekerta yang artinya raja, orang yang kuat sekaligus akronim dari Ananda dan Mahendra huehueheue ganteng banget kaan *mulai overproud* wkwk

...

Beberapa bulan setelah gue puyeng cari nama, si ayang bebeb yang lagi nyetir mobil di tol layang tiba-tiba nanya, 

"yang, nama Hilman artinya apa?"

"kamu mau namain Hilman?"

"nanya dolo ini artinya apaan woy"

Pas googling, wow wow wow ternyata nama Hilman artinya cakep juga, yaitu kesopanan, kesabaran. Hem leh ugaaaa.

"wah cakep nih, oke catet"

Beberapa jam kemudian, waktu si ayang bebeb lagi scrolling instagram, tiba-tiba dia nanya lagi,

"yang, Ghani bagus ga?"

Gue langsung terkejut abang terheran-heran karena abang belum pernah kesana EH BUKAN, maksudnya gue langsung terkejut karena Ghani adalah salah satu nama yang gue catet di notes karena Ghani terdengar sangat ear-catching, ya meskipun Ghani adalah nama gebetan temen gue yang ga kesampean, cuma beda penulisan nama aja khekhekhekhe *mudah-mudahan orangnya gabaca* 😂

Malam itu juga, waktu kehamilan gue usia 7 bulan, gue dan ayang bebeb langsung sepakat menamai anak bayi ini Hilman Ghani Narendra. Hilman berati kesopanan, kesabaran; Ghani berarti kaya, makmur; dan Narendra berarti raja / pemimpin, orang yang kuat sekaligus akronim dari nama emak bapaknya karena kita kan juga mau nampang bosqueee ehehehe. 

Semudah itu gue deal dengan nama tersebut karena artinya baik, sederhana, pelafalannya gampang, ngejanya juga gampang, ga ngeribetin guru-guru sekolahan ntar yang bakal absen murid-muridnya. Gue aja yang namanya gampang suka berubah dari Ananda jadi Amanda atau Adinda apalagi yang namanya susah yekan 😐

Orangtua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya yakaaan, jadi memberi nama pun harus yang baik agar jadi doa. Semoga Ghani tumbuh menjadi anak yang baik; sesuai dengan namanya, serta menjadi penyejuk hati kedua orangtuanya💖 aamiin

Nulis beginian jadi kangen Ghani deh padahal anaknya lagi tidur di boks bayi sebelah kasur tempat gue nulis postingan ini 😙

 Ghani 1 bulan 2 minggu; lagi nguap aja ganteng.

You May Also Like

1 comments