Drama Persalinan

by - 12/25/2020 04:34:00 pm

 assalamualaikum!

Wah akhirnya muncul mood lagi untuk nulis di blog setelah bulan lalu nulis setengah jadi trus terdengar tangisan bayi yang haus, langsung gainget lagi buat lanjutin nulis 😂

Yak.

Kalau sebelumnya gue nulis tentang update kehidupan; yang mana gue lagi hamidun, sekarang gue mau curhat colongan tentang delivering my cute lil boy to the world.

Mari kita awali dari...HPL gue.

Jadi, HPL gue adalah tanggal 11 Oktober 2020 dan dokter gue optimis banget gue bakal lahiran sebelum HPL, ya maksimal HPL harus lahir deh gaboleh telat telat karena plasenta gue udah mengalami pengapuran. Gue degdegan banget dong, merasa ga siap kalo kudu lahiran dalam kurun waktu 2 minggu sebelum HPL wkwk padahal kenapa juga yak, orang-orang malah pengennya lahiran cepet lah gue malah takut 😂

Seminggu berlalu, ternyata gue masih baik-baik aja dan si bayi juga masih anteng-anteng aja, cuma kasih kasih kontraksi palsu. Tanggal 3 Oktober 2020 gue sama suami kembali kontrol ke dokter. Pas ngeliat gue, bu dok langsung ngomong "beloooom? kalo minggu depan belom juga, balik ke RS tanggal 11 buat induksi yah". Seketika aku merasa panic at the disco

Haaaah? Induksi? Oh no.

Selama trimester 3, gue banyak baca pengalaman melahirkan buibu di aplikasi The Asian Parents (karena gue pakai pemantau kehamilan di aplikasi The Asian Parents) dan melahirkan dengan induksi adalah sesuatu yang horor buat gue karena (menurut pengalaman orang-orang) sakitnya dibuat dan dipaksa, kalo gagal, malah bisa sectio caesaria. Huhu takut akutuuuu. Apalagi si anak bayi ada indikasi bayi besar, padahal gue hamilnya keliatan biasa aja huehuehue. Sempet baca artikel di aplikasi TAP tentang resiko bayi besar dalam kandungan, tapi ternyata alhamdulillah anak bayi dalam perut ini masih dalam berat yang wajar karena setelah cek lab pun, gula darah gue normal.

Mulai malam itu, gue afirmasi ke si bayi, "yok lahir aja yokkk yang normal aja yok gausah pake induksi-induksian atau operasi-operasian" 😂 berharap si bayi  dalem perut ngangguk-ngangguk setuju dan nurutin kemauan gue dan si ayang bebeb sambil bilang, "Ahsiyaaaap". 

Biar cepet lahiran, gue banyak melakukan kegiatan yang berfungsi sebagai induksi alami, yang sebelumnya juga gue lakuin sih, tapi beberapa hari menjelang HPL gue rutinin dan durasinya gue lamain, kayak squat, main gymball, jongkok, naik turun tangga, dan tentu saja minta papanya nengok si bayi tiap malem huehehehe.

Tengah minggu, gue makin khawatir karena belum ada tanda-tanda dan rasa-rasa kontraksi, tapi kalo gue khawatir takutnya malah stres, jadi gue memutuskan untuk ga mikir apa-apa dan menikmati masa-masa perut super gendut yang udah berat kalo dibawa jalan-jalan 😃 si ayang bebeb juga rajin ngajakin jalan sana sini dan bawa gue makan enak biar guenya bahagia dan ga kepikiran tentang lahiran.

Tanggal 9 Oktober 2020 siang, gue dan si ayang bebeb tiba-tiba iseng pengen ngerakit tempat tidurnya anak bayi sekalian bikin video unboxing ala ala buat di-upload ke youtube. Eh baru ngerakit boks-nya aja udah keringetan dan gagal wkwkwk mana memori handphone gue juga gamuat lagi :) upload video unboxing gagal gais. Gue sampe emosi ngerakit ni boks bayi, kok liat video orang-orang gampang ya wakakaka. Setelah sukses keringetan dan ngerakit boks anak bayi, si ayang bebeb ngomong ke perut gue, "bang, tempat boboknya udah jadi nih, gapengen buruan keluar apa?" Seketika gue inget kalo lusa adalah tanggal 11 Oktober dan langsung nyari cemilan biar ga panik wkwk 😭

Malamnya, gue minta si ayang bebeb nengokin bayi lagi (ehehe) dan setelah itu gue kebelet pipis. Buru-burulah gue ke kamar mandi. Di kamar mandi gue memperhatikan sesuatu yang ada di celana dalam gue. WOW LENDIR DARAH GAIS. Udah nggak kaget pas liat lendir darah di celana dalam karena udah banyak cari tau tanda-tanda akan melahirkan, salah satunya di artikel The Asian Parents tentang tanda-tanda melahirkan. Gue merasa excited sekaligus degdegan. Wow wow wow! Gue langsung elus perut sambil ngomong, "pinter juga ente bang, besok tanggal cantik loh bagus buat lahiran!" Dengan hati yang bahagia, gue balik ke kamar dan tidur.

Rasanya kayak baru tidur beberapa menit, gue kebangun karena perut gue sakit. Huhu. Rasanya kayak kram haid tapi lebih sakit. Gulang guling sana sini tapi sakitnya ga ilang-ilang. Gabisa bobok gais. Pas sakitnya ilang, gue langsung mencoba tidur lagi tapi tiba-tiba si ayang bebeb ngorok kenceng banget. HUHU. Setelah gue elus-elus dan ngoroknya berenti, gue tidur. Beberapa kali gue kebangun lagi karena perut gue sakit. Gulang guling lagi. Mencoba tidur lagi. Elus-elus si ayang bebeb yang ngorok lagi. Eh doi ngoroknya makin kenceng, langsung gue tampol. Abis itu gue minta maaf sambil ngelus-ngelus doi lagi wkwkwk :( abis berisik banget mana ni perut sakit, maafkan aku zheyeng. Untung pas ditampol dan kebangun, si ayang bebeb langsung meluk sambil ngelus-ngelus gue.

Sabtu pagi, 10 Oktober 2020, perut gue sakitnya makin sering dan makin sakit tentunya. Si ayang bebeb langsung beli sarapan dan gue jalan-jalan muterin rumah. Mama mertua gue agak panik dan agak pucet ngeliat gue meringis tiap 5 menit. Setelah sarapan, kami bertiga langsung jalan ke rumah sakit, naik mobil deng, jalan mah kapan nyampenya. Ciaaa garing ah.

10 Oktober 2020, 07.58. Kami sampe di RS. Kebetulan gue udah berencana untuk lahiran dan udah booking kamar buat tanggal 11 Oktober 2020 di Bogor Medical Center Mayapada Hospital. Kami langsung registrasi ke IGD dan gue diperiksa di kamar transit. Kamarnya ga beneran kamar sih, cuma bed bed yang dipisah gorden, tapi tulisan di papannya adalah kamar transit (apa ruang ya? gue lupa ehe). Setelah diperiksa bidan, ternyata baru bukaan 1. Hih. Pupus harapan gue buat kaya buibu di cerita-cerita lahiran yang pas ke RS tiba-tiba udah bukaan 5 wkwk. 

Setelah dicek bukaan, gue juga diambil darah di tangan dan telinga untuk cek golongan darah. Lumayan lama gue nunggu di kamar transit sampe akhirnya gue dipindahin ke kamar observasi. Kamar observasi ini cuma beda beberapa gorden dari kamar transit, dan letaknya di gorden paling ujung sebelah ruang bayi. Di kamar observasi itulah gue dan si ayang bebeb berjuang menerima sakitnya kontraksi bukaan demi bukaan. 😃

Di kamar observasi ga ada jam dan gue juga ga ada keinginan buat liat handphone sama sekali, jadi gue buta waktu saat itu. Yang gue tau pokoknya perut gue ssaakkiitt dan gue lelah, untungnya makanan RS enak banget dan lumayan menggugah selera, jadi gue masih bisa makan dengan enak. Menjelang magrib, bunda gue sempet nengok dan ngasih suplai makanan. Gue yang lagi rocking (goyang-goyangin pinggul gitu) sembari nahan sakit cuma nengok sebentar dan minta doa biar lahiran gue lancar. Udah gabisa berkata-kata gais, sakit banget busyeeeettt. Bersyukur banget si ayang bebeb mendampingi gue dengan super sabar. Bener-bener memberikan gue kekuatan tambahan karena doi selalu mijitin punggung gue yang rasanya mau copot dan ngingetin gue buat tarik nafas panjang dan buang nafas panjang. 

Waktu makan malam datang, perkiraan gue sekitar pukul 18.30, gue udah merasa senewen banget karena duduk gaenak, berdiri gaenak, tiduran apalagi. Mencoba rocking lagi tapi pegel banget dan kepala gue pusing. Mau makan juga ganafsu. Si ayang bebeb mencoba nyuapin gue waktu kontraksinya mereda, gue mencoba ngunyah secepat mungkin biar ketelen. Gue harus makan, karena lelah plus laper itu pasti akan bikin gue makin tersiksa, tapi masalahnya kalo lagi kontraksi se-intens itu, ngunyah dan nelen makanan juga rasanya tidak mudah gais huhu (ujung-ujungnya habis setengah sih makanannya huehehe).

Setelahnya, gue cuma rocking rocking sampe pegel banget dan bolak balik kamar mandi dengan penuh perjuangan (sumpah rasanya jalan ke kamar mandi aja perjuangan banget saking sakitnya dan ngilunya pinggang 😂). Berasa kayak artis-artis di ftv gitu yang adegannya lagi di rumah sakit dan jalan melipir-melipir tembok karena kesakitan. Huhu.

10 Oktober 2020 malam. Lingkungan rumah sakit mulai sepi, lampu-lampu terang digantikan lampu-lampu redup. Sayup-sayup terdengar suara bapak-bapak ngorok. Gak sayup-sayup sih, jelas buanget suara ngoroknya wkwk entah suara ngorok itu milik gorden yang mana. Gue dan si ayang bebeb udah ngantuk berat. Kami tidur berdua di satu ranjang RS, kasian kalo doi tidurnya di kursi kondangan, pegel beb. Masalahnya adalah, gue gabisa tidur sama sekali karena kontraksi yang datengnya makin intens. Si ayang bebeb berkali-kali kebangun karena gue sibuk goyang-goyangin badan dan teriak teriak kecil (mumpung sepi jadi bisa melampiaskan dikit huehehe). Rasanya lumayan frustasi, ngantuk berat tapi gabisa tidur karena sakit. Gue sempet ngomel ke si bayi, minta dikasih tidur sebentarrrr aja tapi ya mana bisa cuuuy, ni bayi kalo bisa ngejawab juga dia kayaknya bakal ngomong, "tidur? apa itu tidur? aku juga pengen keluar ini wuooy!"

Semalaman sampe pagi buta itu, kontraksi ga hanya kontraksi, tapi juga rasa-rasa pengen ngeden, sampe mikir apakah aku ingin pup? dan buru-buru ke kamar mandi di ruang bersalin. Ternyata gamau pup... huhuhu sambil merenungi nasib, gue yang super kelelahan duduk diem di toilet ruang bersalin... enak juga duduk di toilet, sakit perutnya berkurang dan kayaknya gue sempet ketiduran gitu beberapa menit wkwkwk apaan dah. Gue cuma ke toilet satu kali, habis itu gue balik ke tempat tidur. Rasanya cuma bisa diungkapkan dengan satu kata, SAKIT, tapi kayaknya sakit juga kurang menggambarkan dengan tepat 😂 

Gue menguatkan diri dengan berpikir, 

semua ini pasti akan berlalu, gue bakal baik-baik aja, semua bakal baik-baik aja, nikmatin prosesnya Nda, lu pasti bakal recall hari ini nanti dan lu bakal lega banget hari ini terlewati dengan baik.

FYI, gue selalu menguatkan diri gue tiap gue merasa hopeless dengan kata-kata motivasi diatas, bahkan ketika gue lagi diare (ini random banget tapi serius) huehehe, bisa dicoba gais, sangat berpengaruh terhadap keteguhan hati dan kewarasan pikiran.

11 Oktober 2020.

Akhirnya subuh datang. Si ayang bebeb yang tidur tidur ayam terus, udah fully awake karena bingung ngeliat gue yang sakitnya udah makin intens, tapi gabisa nemu bidan dimanapun. Kami pun menjelajah ruang bersalin berdua, berharap nemu bidan. Trus, gue ngeliat gorden tertutup dan ngintip. Wow ternyata selama ini para bidan bobok dibalik gorden itu. Pas gue ngintip, eh kebeneran ni ada yang lagi ngulet, langsung aja gue cengar cengir "sus, periksa saya dong, sakit banget udah pengen ngeden". Bidannya langsung minta gue tiduran di kasur bersalin untuk dicek bukaan. Wow bukaan 7 gais! Pantesan pengen ngeden banget! HUHU. Rasanya kayak ada eek gede banget tauga, dan otak gue memberikan sinyal kalo gue ngeden, ni eek bakal keluar TAPI KAN GABOLEH NGEDEN YA. 

Di kasur bersalin gue sedikit-sedikit ngerasa ngantuk. Si ayang bebeb dengan setia megangin tangan gue dan bilang, "ayang bobok kalo bisa bobok ya". Dan gue beneran bobok di kasur bersalin, katanya sih sekitar 30 menitan. 

Para bidan makin sering cek bukaan dan ngeluarin air pipis gue dengan kateter (FYI ya, selama gue di RS, gue udah ngerasain pake kateter mungkin 4 kali dan rasanya GAENAK BANGET, rasanya kaki kaya otomatis mau nendang yang masangin kateter). Itu sakit kontraksi seketika agak gue lupakan karena pipis pake kateter rasanya gaenak banget. Tapi dalam kurun waktu entah berapa itu, bukaan gue baru nambah 1 alias jadi bukaan 8 gais, harusnya udah bukaan lengkap dan gue harusnya udah boleh ngeden. Atas persetujuan dokter, bidan pun bilang kalo gue bakal diinduksi akselerasi biar anak gue cepet lahir.

Gue yang udah lelah banget nahan sakit, pinggang pegel mau copot, dan capek rocking mulu, langsung menyetujui. Minta buruan malah. Induksi akselerasi ini gunanya untuk mempercepat bukaan, berhubungan bukaan gue tinggal dikit lagi lengkap, jadi dicepetin deh tuh biar makin cepet.

Tangan kanan disuntik buat infus...eh gajadi, pindah ke tangan kiri baru sukses masukin infusan dan gue juga dipasangin oksigen yang kayak di sinetron-sinetron gitu. Sedetik setelah infus gue terpasang, gue berasa disuntikin energy booster gitu, kayak tiba-tiba melek JRENG "SUS MAU NGEDEN UEDYANNN" 😂 Si ayang bebeb siap sedia disamping tempat tidur sambil megangin teh manis anget di satu tangan, dan tangan satunya siap megangin tangan gue...tapi ga gue sambut karena lebih pewe pegangan sama pinggiran tempat tidur 😂

Gue diminta miring ke kiri sama bidan agar bayinya crowning. Selama miring itu, gue belajar ngeden dan tentu saja selalu diiringi pujian dari para bidan, kayak "ihhh ibu hebat nih ngedennya!" "wah pak, ibu kuat yaa ngedennya bertenaga, hebat banget" "bagus ini vaginanya elastis yaa" dan sebagainya yang bikin gue makin semangat. Serius, rasanya kaya mau eek gggguuuueeeeedddeeeee banget 😂

Pas udah crowning, dokter juga udah dateng, gue diminta untuk berbaring lurus dan ngeden lagi. 3 kali ngeden, rasanya langsung plong abiiiiissssssssss karena anak gue keluar!!!! OMG rasanyaaaa 😭😭😭💖💖💖 super terharu. Gue denger dia nangis dan gue ikutan nangis sambil nyengir-nyengir ke ayang bebeb. Si ayang bebeb juga langsung ngelus kepala gue dan ngajak ngobrol. Finally, 11 Oktober 2020, 09:43, lahir juga anak bayi gemez dengan berat 3,7 kg dan panjang 51 cm. Anak aku dan Mahe💖

Setelah dibersihin dan ditimbang, bayi gemes langsung ditaro di dada gue sembari dokter dan bidan ngejait ekhem down there. Agak cekit cekit rasanya, tapi biasa aja, kayaknya karena gue dipakein bius semprot (kata si ayang bebeb sih gitu). Tapi ternyata, bayi gue ga lama ditaro di dada gue, doi langsung diangkat dan dibawa bidan. Gue udah gabisa mikir apa-apa, rasanya capeeeeeekkkkkk banget. Yang gue inget, gue langsung ga sadarkan diri alias molor hehehehe.

...

Sekitar 3 jam kemudian, gue bangun. Masih di tempat tidur bersalin, tapi gue sendirian. Gue mencoba bangun karena laper banget, eh tak disangka, ada rasa rasa ngilu yang ngagetin dari miss V. Weittt apaan tu ngilu banget kaget kaya ada tajem tajem, langsung gajadi bangun wkwk gue berusaha mencerna rasa sakit itu. Galama ada bidan yang nengok ke arah gue dan kasih makan, doi kayanya bahagia banget liat gue bangun. 

Setelah makan, gue dianter ke kamar inap sama bidan naik kursi roda, bareng sama ayang bebeb juga. Kebetulan waktu booking kamar, gue dan si ayang bebeb booking kamar kelas I, eh ternyata waktu mau masuk kamar, kelas I-nya penuh, jadi dapet VIP tapi bayarnya tetep kelas I hehehe alhamdulillah rejeki. 

Sesampainya di kamar, gue dikasih tau ayang bebeb kalo ternyata anak bayinya masih di ruang perawatan dan harus diobservasi serta pakai selang oksigen karena sempet stres di dalam dan udah minum sedikit air ketuban yang dia pup-in. Waktu itu gue ga ngerasa worry sama sekali karena yakin anak bayi baik-baik aja dan sehat.

Melahirkan rasanya bener-bener truly a miracle. Gue jadi sadar banget bahwa wanita itu super kuat karena wanita yang ditakdirkan untuk melahirkan. Gue jadi sadar banget bahwa gue super kuat. Gileeeee ga nyangka banget, padahal sama jarum suntik kalo medical check-up aja jiper cuy, lah ini ngeluarin manusia dari dalem perut. Bahkan setelah 2 bulan pun, si ayang bebeb masih suka ngelus perut gue yang udah agak lembek ini sambil bilang "aku takjub banget ada manusia keluar dari sini, ganteng lagi ehehehe" Bapaknya agak narsis ya bunnn 😋

Alhamdulillah alhamdulillah, gue sukses melewati melahirkan yang dulu gue takutin banget karena terdengar mengerikan, tapi ternyata setelah semuanya terlewati rasanya membahagiakan karena kehadiran sang anak 😊

Tuhan baik banget memberikan gue kekuatan dan keselamatan

Tuhan baik banget memberikan si ayang bebeb kesabaran dan cinta yang besar buat gue

Tuhan baik banget memberikan anak kami kesehatan 

Tuhan baik banget memberikan gue keluarga yang penyayang dan suportif

Gue sangat bersyukur atas terlewatinya fase melahirkan itu. Melelahkan, iya. Mengerikan, agak ya wkwkwk. Tapi juga sangat membahagiakan huhuuu senang sekali dengan kehadiran bebeb junior yang sangat unyu💖

Gue berdoa semoga Tuhan selalu sayang dan melindungi keluarga gue, dan kalian yang udah mampir ehehehe aamiin

Salam dari kami bertiga yang senang leha-leha bersama 😁 

Saat tulisan ini di-posting, anak bayi gemes kami yang bernama Hilman Ghani Narendra alias Ghani, udah berusia 2 bulan 14 hari. Doakan kami selalu sehat dan bahagia ya!💖



You May Also Like

2 comments

  1. Setelah membaca artikel di atas, membuat aku semangat untuk mencari jodoh dan membangun keluarga :v

    ReplyDelete